Bedakan antara TRAM dan TRAIN di Belanda

Train atau kereta adalah moda transportasi yg menghubungkan antar kota di Belanda. Kita musti naik dari stasiun dan membeli di tiket di sana.

Tram adalah kereta listrik yg menjadi moda masyarakat di dalam kota. misalnya di Amsterdam, tram sangat populer. Bisa menjangkau daerah kecil di areal kota Amsterdam dengan cepat tanpa macet karena punya rel khusus. Waktu tempuh sangat bisa diprediksi. Mereka warga Belanda sangat bangga dengan ketepatan waktu moda transportasi daratnya. Telat 3 menit saja sudah dikategorikan BURUK.

Olahhhhh kapan di kita kayak begitu yakkkkkk



ada juga bis. rasanya saya malah belom pernah naek bis.

kalau perahu air pernah tuh. lebih banyak untuk turis sih. nyusur-nyusur kanal di dalam kota. emang enak sih naik perahu begini, sore-sore liat orang duduk asik ngobrol minum teh. yg kebunnya banyak di jawa barat. hehe




berikut adalah beberapa poto orang naik tram dan kesibukan yg bisa dilihat di amsterdam central stasiun.   mungkin stasiun tersibuk di belanda.  

ada papan yg menunjukkan nomor  tram, tujuan dan jam keberangkatannya. untuk dicatat jam dan menit. dengan persentase telat 10% saja, kata seorang penduduk belanda dengan bangga. emang sih jarang telat. kalau pun telat maka akan ada pengumuman. ngebayangin KRL, wah berapa tahun lagi yah...


cara membeli tiket tram. bisa beli di TICKET OFFICE. ada di gedung putih persis di depan st central amsterdam. atau bisa langsung beli di atas tram. hati-hati kalau mau beli di atas tram, naiklah di pintu bagian belakang. karena loket kasirnya ada di belakang. sedang di bagian depan hanya supir, banyak juga supirnya perempuan lho. 

ada tiket harian, 3 harian dan mingguan. jelas yg mingguan lebih murah. harga tiket 1.14 euro untuk harian.

ayo jalan-jalan ke amsterdam.




Posted by Picasa

Comments

Popular Posts