Kamu Menulis Apa Yg Kamu Baca


udah bener tuh suka pelajaran sejarah dan biologi. katanya si edward wilson profesor harvard mengulas bukunya jared diamond - guns, germs and steel. kedua topik itu akan memperkaya pengertian kondisi manusia dan kehidupannya.

banyak sudah cerita perjalanan blusukan nang ndi-ndi. mungkin belum lengkap 33 provinsi sih. tapi punya follower IG lebih dari 4 ribu dan twitter 1700an.

Sep 11, 2014.
ceritanya diajakin penelitian soal baba-nyonya, sebuah istilah untuk peranakan, turunan tionghoa yg bermigrasi dan hidup di wilayah Asean. ingin lihat bagaimana potensinya yg kemudian akan menyumbang ke traffic wisata di empat negara.

to study and compare the interpretation types and evaluate interpretation 

bahasa memang bisa sangat menjebak, terkesan sulit dilakukan. sebetulnya apa yg kita lakukan hari-hari ya sebuah study and compare the interpretation lah. dikasih judul lah itu sebagai objectives. nah jenis interpretasi atau pendapat juga akan macem-macem. kemudian setelah kita tilik-tilik, ya itu interpretasi kemudian kita evaluasi dong. timbang-timbang apa lebihnya, kurangnya, apa yg perlu diperbaiki dsb.

survey of peranakan interpretation by personal and non-personal interpretation

metode kerjanya agar tuh objektif tercapai, yg paling gampang dan memang ampuh adalah survey. ada dua jenis nih survey interpretasi personal dan non-personal. bisa ya interpretasi gak personal. level ke berapa imajinasi ini mah.

literatur dan baca-baca banyak artikel. khan sudah banyak juga orang yg menungkan pikiran soal interpretasi peranakan.

in-depth interviews of tourist representative from peranakan interpretation

wawancara mendalam dari perwakilan turis yg mendatangi destinasi peranakan. dan wawancara mendalam dengan guide tentang interpretasi dan masukan dari turis. ah kalimat terakhir itu pastinya terjemahan wakakakkkk bahkan interpretasi dari kalimat interpretasi itu saja gak ketangkep piyeee.

kenapa 4 negara Phuket, Penang, Melaka, Singapore dan Pantai Utara Jawa, ya memang sumber dananya dari Asean yg ingin melihat ekonomi wisata sektor ini berkembang. investasi lewat penelitian para akademisi tuh kenceng banget di universitasnya temen ku di thailand. mungkin juga di universitas di sini ya. hanya karena mentok di English aja, jadi publikasi jurnalnya terbatas itu lagi itu lagi.

yg ingin dilihat lagi adalah semacam panduan yg akan membantu wisatawan memilih destinasinya. penting banget nih jaman now mah membaca reviewnya orang sebelum memilih resto misalnya. tetep yg asik mah nanya ke orang beneran, tukang parkir, anak muda yg biasa nongkrong, tukang jualan gas dan air galon, nah mereka tuh yg punya cukup info soal jajanan lokal dan tempat-tempat asik di suatu daerah.

menganalisa, mesintesa dan membandingkan kesamaan dan perbedaan diantara 5 tempat di 4 negara. kemudian mengembangkan sebuah panduan interpretasi atas konsep peranakan. bagian ini pastinya kaya karena terhubung dengan budaya makanan, tempat tinggal, ibadah, orang-orang, bangunan, hasil kerajinan tangan (batik misalnya).

setelah didapat panduannya, kemudian di investigasi lah hasil terawangan tsb.

itu cerita 5 tahun lalu. menambah apa setelah sekian waktu itu berlalu ...

Gg Percot, Kerobokan Kelod, Kuta
4/11/2019
Selamat Hari Noken Sedunia

Comments

Popular Posts