Menulis Yang Menjual. Kasus Tepung Lokal GLUTENFREE

Ada beda banget menulis blog yg bebas lepas, dengan menulis yg berbeban karena embel2 pengen jualan laku, pengen agar orang sadar tidak buang sampah, tidak makan makanan impor, tidak beli kopi dan teh pabrikan tapi pilih buatan UKM dan artisan lokal, dsb dsb.

Walau betul pesan2 itu sangat bagus, tapi orang yg baca juga pegellllll kalo setiap postingan isinya himbauan melulu. Sesuatu yg jelas2 mereka juga kesulitan terperangkap dalam kenyataan hidup seperti itu. Sampaiiiiii suatu hari anak bayinya (kebetulan nih kawan sedang menyusui) alergi terhadap gluten. Sang dokter menyarankan untuk menghentikan konsumsi segala macam GLUTEN. jeng jeng jeng,,,,,,........&^%$))(890#@@!!!!!!!!!!!!

Segera deh dicari di IG toko online yg jualan produk GLUTEN FREE. Sudah dua minggu Mama tidak makan yg manis2. Sakaw rasanya. Wah kebayang memang. Siang kerja di kantor, belum lagi kena macet di jalan dan segala tekanan pekerjaan kantoran. Pulang masih harus mompa untuk sang buah hati. Eh ba tiba harus mengubah pola makan.

ada juga kisah empati seorang keponakan yg pamannya terkena kanker getah bening. betapa menderitanya melihat saudara kita kesakitan. wah repot deh kalau sudah terkena kanker, katanya. dia pun bernazar akan berpuasa sesuatu yg sangat dia suka. puasa NASI PUTIH. hahhhhhhh. itu cerita 5 tahun lalu. sampai sekarang dia tidak makan nasi putih. terus makan apa, itu pertanyaan orang umumnya yg belum pernah beranjak pergi dari mainstream. ada banyak jenis makanan. banyak banget. belum pernah diketawain bulek yg geli lihat kita sarapan nasi goreng sepiring gedeee. makan siang nasi padang jugaaaa tambo ciek. makan malam di rumah, jugak nasi putih dengan lauk masakannya si bibik. kenapa kita begitu terjebak dengan nasi putih.

inilah hasil revolusi hijau dear bapak penggagas negri tercintah. lihat perubahan pola makan yg menuju ke gaya tidak sehat. semuanya diseragamkan. orang papua yg dulunya makan sagu, sekarang lebih memilih nunggu bantuan beras yg dia terima rutin setiap bulannya (juga kutipan seorang kawan, enaknya jadi penjaga warung nampung cerita dari pembeli teh dan kopi yg nongkrong di pawon kami).

wahhhhh semua makan nasi semua petani harus tanam padi. tapi pendampingan kepada petani minimalis kok. seadanya. coba periksa, lahan2 di desa sudah beralih tangan milik orang kota. sebentar lagi dibangun vila atau rumah peristirahatan atau apalah.

lessons are caught, not taught


anjrit apa lagi itu. mungkin begitu ungkapannya. bener gakkk. kalo gak, ya tolong dibenerin lah kakak.

pembelajaran tuh memang setelah terjebak. kalo cuma katanya, atau membaca postingan PRODUK PETANI LOKAL SEHAT, lahhh capek deh. anjuran pemerintah atau ajakan dari teman yg dulu pernah belajar bareng soal Integrated Water Resource Management, rasanya gak dong di kepala. kenapa begitu yahhh. padahal tuh orang2 adalah orang pinter. jelas pinter wong sekolah aja sampe di London sonoh, dapat beasiswa atas nama INDONESIA RAYA lagi. terus kenapa sesudah pulang ke tanah air, mengabdi di kantoran dan hanya tertuju ke sesuatu yg datang di screen ajah. kenapa gak jalan2 ke desa dan melihat realitas yg ada.

OLAH RASA MBANGUN JIWA

jauh banget urusan petani di desa sonoh dan urusan rebutan tempat duduk di KRL. beda tipis ajah, melayang deh tuh seat. alamat satu jam-an gelantungan di kereta. beda beberapa menit saja, udah panjang deh tuh antrian di jalan tol.

jadiiiiii gimana balik lagi ke tepung lokal gluten free produksi petani sendiri haha beribet deh tuh. nulis gluten free DIPISAH atau disambung glutenfree? ntar dicari lagi yeee.

gak semua orang tahan dengan yg namanya gluten. satu jenis protein ttt yg terdapat di dalam gandum. nah tepung terigu tuh terbuat dari gandum. kita sih gak masalah dengan gandumnya. wong itu juga tanaman bagus kok. hanya saja tuh gandum sudah nangkring di laut entah berapa bulan sebelum akhirnya diolah jadi tepung di sebuah pabrik ternama di sekitaran Jakarta. belum lagi produk impor ngabisin devisa negara khan. belum lagi tuh gluten nyangkut di kolon manusia TIGA hari sebelum bisa dibuang sepenuhnya keluar dari perut.

entah kenapa juga isu gluten glutenan semakin ngehits sekarang ini. dulu rasanya orang jarang deh ngomong alergi gluten. cuma ada di film2 bulek. atau gak ketahuan ajah yah kalo seorang anak ternyata alergi sama gluten.

yg jelas tepung lokal terbuat dari bahan umbi atau serealia yg dipanen petani lokal. ada beragam jenis umbi yg bisa ditepung. pada prinsipnya sih semua umbi bisa lah diambil patinya. misalnya tepung garut dari umbi garut. tepung ganyong dari umbi ganyong. ada lagi yg kesohor adalah tepung mokaf terbuat dari umbi singkong.

yo wissss mending beli aja tepung mokaf. cobain buat gorengan tempe dan pisang pake mokaf. enak juga kok.

kalo butuh bantuan pengadaan tepung lokal GF, kontak nih yusup 0813.1780.5953. kaloooooo butuh ajah sih. wakakkk. floow IG @martani.organic biar afdol pemahaman soal produk lokal sehat yg kita mau itu terjadi.




Comments

Popular Posts