Eadible Flower

Pernah maen masak2an waktu kecil dulu? Bersyukurlah. Itu tandanya anda punya masa kecil yg bahagia karena sempat menikmati aneka bunga dan tanaman yg ada. Pengalaman maen dengan bunga aneka warna membawa ingatan itu sampai jauh. Seperti otomatis ketarik saat melihat bunga2an cakep warna/i.

Eadible Flower di Prambanan
Misalnya bunga turi yg ternyata ada dua jenis, turi putih dan merah. Bunga kenikir dan bunga kecombrang. Itu sebagian jenis bunga yg biasa dibuat sayur. 

Bunga turi putih yg biasa dijual di pasar Nasakom. Ada seorang nenek yg memang biasa membawa jualan ini setiap paginya. Para penjual pecel tentunya akan ngefans sama si mbah. Kecewa saat dia tidak membawa bunga turi. Biasanya ada masa tertentu dimana bunga turi tidak berbunga. Musim apa yah, apa musim hujan atau kemarau. Bulan April 2018 ini, saat musim hujan sudah berakhir, musim panas belum sepenuhnya masuk, setiap minggunya masih adalah hujan turun, kembang turi bisa dilihat berbunga di beberapa pohon yg tumbuh di pematang sawah. Petani menanam turi karena tahu bahwa perakaran dan bunganya bagus untuk tanaman padinya. Bunga turi mampu mengalihkan aneka serangga hama padi. Sedangkan perakaran pohon turi mampu menggemburkan tanah.

Bunga kenikir Gak spesifik dipetik untuk sayuran pecel karena biasanya daunnya yg biasa dikonsumsi orang Prambanan tempat kami tinggal. Gudangan dan pecel adalah dua jenis masakan, biasanya untuk sarapan, dijual si mbah di pasar. Tiga ribu sebungkus daun pisang. Rasa daun kenikir khas menyengat segar. Bunganya malah gak terlalu terasa menyengat.

Kecombrang atau honje bisa ditemukan di beberapa tempat di sekitaran Tulung, Tamanmartani, Kalasan. Tanamannya menggerombol tumbuh subur dekat aliran air. Anehnya masyarakat sini jarang mengkonsumsi bunga yg punya aroma unik ini. Di Jogja ada sih beberapa artisan yg sering membuka PO jualan sambal kecombrang. Tidak terlalu rutin karena agak sulit mendapatkan asupan bunga ini.

Khasiat tiga jenis bunga ini BANYAK. Selain membuat perut kenyang haha. Sa bisa say goodbye dengan penyakit maag setelah rutin selama 6 bulan mengkonsumsi aneka bunga2an ini. Serat tinggi bagus banget buang gas di perut dan membersihkan sisa kotoran makanan yg nyangkut di usus. Untuk ibu2 daan mereka sedang diet, sangat disarankan mengkonsumsi eadible flower. Air rebusannya diminum, bunganya dimakan colek sambal atau bumbu pecel. Yuk makan bunga dari halaman.

Comments

Popular Posts