Wedang Secang

Wedang adalah istilah untuk satu jenis minuman khas Jogja / Jawa Tengah (eh Jawa Timur juga gak yaaa) terbuat dari potongan kayu secang.

Jun 2016. Wedang Secang

gak susah mendapatkan kayu secang. serutan kayu secang dijual kiloan di Pasar Gede Bringharjo. 

banyak khasiatnya untuk kesehatan. sesuatu yg berwarna terang, tentunya mengandung antosianin tinggi. antioksidan itu yg paling mudah. Kandungan utamanya adalah brazilin, yakni zat warna merah-sappan, asam tanat, dan asam galat. nah apaan tuh. 

Brazilin dari kayu secang teruji secara ilmiah bersifat antioksidan, antibakteri, anti-inflamasi, anti-photoaging, hypoglycemic (menurunkan kadar lemak), vasorelaxant (merelaksasi pembuluh darah), hepatoprotective (melindungi hati) dan anti-acne (anti jerawat).[9] Ekstrak kayu secang juga ditengarai berkhasiat anti-tumor, anti-virus, immunostimulant dll. dikutip dari wiki.

nah seperti layaknya herbal lainnya selalu ada tambahan dll. karena memang saking ngantri khasiatnya atau belum diketahui banyak lainnya. mboh.

wedang secang ini yg menginspirasi mengeluarkan wedang martani. campuran herbal bunga telang, bunga rosela, sereh wangi dan kapulaga. pinarak.

Pengen ih punya pohon secang. siapa ya yg punya biji secang??? jangan ajah pohon udah tumbuh ditebang atau kegeser2 seperti koleksi pohons2 ku haha... selalu begitu.

Comments

Popular Posts