Aquatic Terapi Umbul Sigedang & Umbul Kapilaler

Padusan Mandi Basah

Padusan atau mandi besar, berendam di aliran mata air / sungai adalah tradisi yg biasa dilakukan masyarakat di Klaten. Mungkin di daerah lain juga ada yaaa tradisi bebersih badan sebelum memasuki bulan puasa seperti ini. Di Riau seingat ku, ada juga kebiasaan masuk sungai bersama-sama.

Kami menikmati sensasi main air di umbul-umbul yg memang banyak tersebar di daerah Klaten. Rame sih memang sehari sebelum memasuki bulan ramadhan seperti ini. Umbul Ponggok misalnya yg sekarang sudah jadi destinasi wisata, wahhhh seperti cendol. Kami melipir milih umbul lain yg agak sepi.
Umbul Kapilaler 11/7/2016
Bebersih badan sekaligus piknik bersama keluarga, makan-makan pinggir umbul adalah rekreasi sehat banget. Menikmati alam mensyukuri keindahan sang pencipta. Utamanya soal air berlimpah di daerah Klaten. Asli sebening hati mu deh jajaja. Segera segera sempatkan menikmati aliran air bening langsung dari mata airnya. Sebelum .... apa yaaaaa. Mumpung masih alami deh.

Aquatic & Water Therapy

Ada istilah water theraphy dan aquatic / river theraphy.

Terapi air minum pagi sudah dikenal orang sebagai cara ampuh menuju sehat. Ada banyak artikel mengulas kesembuhan didapat dari minum 4 gelas air putih segera setelah bangun tidur bahkan sebelum gosok gigi. Jangan makan selama 45 menit setelah terapi air pagi ini. Tidak disarankan juga untuk minum air setelah makan besar / snack. Dua jam lama juga yaaa....

  1. After you wake up drink 4 x 160ml (22 ounces) glasses of water (not cold) before you do anything else, including brushing your teeth.
  2. After you finish your water, you can brush your teeth, but don’t eat or drink for 45 minutes.
  3. After 45 minutes you may eat and drink as normal.
  4. After every meal or snack, don’t eat or drink anything for 2 hours. 
  5. If you are sick, elderly, or not used to this, you can start this process gradually that eventually equals 22 ounces per day.
Bahkan di Jepang dan Cina merupakan satu kebiasaan yg disarankan dilakukan. Kenapa ngikutin orang Jepang? Mereka punya harapan hidup tinggi, bahkan lebih dari 100 tahun wow wowow...

Jangan berlebihan juga sih minum air putih. Fatal water poisoning istilahnya. Colaps ketika melakukan terapi ar putih. Tujuan detoksifikasi tubuh malah tidak tercapai. Terapi air putih yang salah akan menyebabkan intoksifikasi yang berbahaya bagi tubuh. Intoksifikasi merupakan kondisi dimana kadar garam tubuh menurun drastis akibat meminum air putih terlalu banyak dalam waktu singkat. Gejala yang dirasakan biasanya adalah mual, pusing, diare bahkan panas dingin. https://manfaat.co.id/manfaat-terapi-air-putih

Padusan Tim Warung PSSM 2016
Aquatic Therapy biasanya diperuntukkan pasien yg sedang pemulihan setelah operasi, atau mereka yg menderita kesakitan di leher dan tulang belakang. Siapa yg tidak segar saat air dingin mengenai kulitnya. Aliran air sungai juga dirasakan seperti pijatan alami. Ada banyak tawaran terapi air, berangkat ke umbul adalah tawaran yg murah dan menyenangkan. Apalagi saat keluarga dan orang tercinta berangkat menemani.

https://leadingedgephysio.com/blog/6-ways-aquatic-therapy-can-help-you/  Nah ini artikel soal terapi air. Baca sendiri jangan malas hihi. Atau langsung nyemplung ke umbul untuk membuktikannya jiyahhhh.

Umbul Sigedang & Kapilaler 

Terdapat dua buah umbul berdekatan di Dusun Umbulsari, Umbul Sigedang dan Umbul Kapilaler.

Kocoran air di Umbul Sigedang keluar dari taman hijau yg dikelola sebuah perusahaan air minum kemasan di Klaten. Sedianya Umbul Sigedang diperuntukkan hanya laki-laki. Kolam air ditutupi tembok dan diberi atap genteng. Umbul sebelahnya disebut Umbul Wedok (perempuan) atau Umbul Kapilaler - tertulis di sebuah batu keterangan tentang umbul ini. Saat ini tidak ada pembatasan penggunaan umbul. Siapapun bisa nyemplung ke dalam kedua umbul bening ini.

Lokasi Umbul Sigedang: Dusun Umbulsari, Desa Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474, Indonesia.
11/7/2016 Umbul Sigedang
Airnya dingin asli. Taruh kepala di bawah pancuran air brrrrrr menusuk ke sendi kesegaran air Klaten. Tiga kata segera terngiang di kepala, this is home. Tentu saja bukan literally home rumah tempat kita tinggal dan tidur. Tapi perasaan terikat kepada tanah air yg indah seperti Nuswantara ini. Semoga lestari, terbuka untuk publik, semua orang bisa menikmati kesegaran air Umbul Sigedang.

Untuk mandi-mandi, pengunjung dipersilakan menggunakan baju dan celana renang (perempuan), kayaknya tidak ada yg menggunakan bikini atau baju renang pendek deh. Sedangkan laki-laki biasa bertelanjang dada. Hehe kenapa begitu yah ...

Sungai kecil di bagian belakang Umbul Sigedang
Bagi yg kangen suasana waktu kecil, main di aliran sungai, bisa milih main air di belakang bangunan Umbul Sigedang. Langsung aja nyemplung, sensasi aliran air konon terapi baik melancarkan peredaran darah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan pengalaman pribadi yg merupakan informasi. Untuk detilnya konsultasikan dengan ahli medis dan terapis anda.

Hepi Padusan!
Cerita lain seputaran Umbul Kapilaler dan warung enak yg menyediakan teh biru bunga telang - Warung KaTa Pusur: http://warungkatapusur.blogspot.co.id/2016/12/umbul-sigedang.html

Comments

Popular Posts