Kombucha Buah Kepel Penghilang Bau Badan

Baca artikel tentang buah kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) mengingatkan pada kombucha buah kepel yg nikmat sekaleeee. Soal kombucha si probiotik alami, sudah sa tulis di laman lain di blog ini (di bagian bawah ada juga tuh link kombucha).

Kepel punya banyak khasiat tapi dikategorikan tanaman langka. Salah-satunya karena si tanaman dianggap tanaman para raja, kesukaan para putri kraton Jawa, orang biasa akan kualat jika menanam pohon ini. Betul di halaman Kraton Jogja, tanaman kepel banyak tumbuh teratur. Penghilang bau badan para putri kraton, begitu yg diyakini masyarakat.

30 Mar 2016. Buah kepel banyak biji.

Kenapa dibuat mitos kualat ya. Apakah ada sejarawan yg mengamati, membuat tulisan dan mengajak agar kita lebih hormat dengan keanekaragaman-hayati flora Nusantara. Ah ntar tanya Pak Wit di Padang sana deh. Kali aja beliau selo mau bantuin promosi tanaman langka. Yg namanya mitos, memang sengaja dibuat penguasa untuk mencapai tujuan ttt. Nah ada apa dibalik mitos, itu sebuah cerita seru.

Daging buah, daun, akar banyak mengandung saponin, polifenol dan flavonoid. Kandungan vit C sangat tinggi. Biasa digunakan untuk obat asam urat (Sutomo 2003) dan antioksidan penangkap radikal bebas. Sudah umum tanaman herbal tuh sebagai obat asam urat dan antioksidan. Bagaimana cara kerjanya? Nahhhh ....

Sebuah artikel yg ditulis Moch Saiful Bachri, kepala lab farmakologi Fak Farmasi Universitas Ahmad Dahlan, mengulas khasiat teh celup campuran daun kepel dan daun antanan atau pegagan (Centella asiatica). Teh ini menghasilkan efek hipokosurik yg sangat kuat, apaan tuh. Pasien terapi obat allopurinol (obat asam urat) sembuh dengan mengkonsumsi teh celup kepel - pegagan.

30 Mar 2016. Kiriman kepel dan duren ke Warung  PSSM Martani Prambanan.

Dari segi konservasi, sebuah kawasan hulu yg masih punya tanaman kepel bisa jadi indikator kalau daerah itu masih bagus. Di Warung PSSM Martani Prambanan, kami biasa mendapat kiriman buah kepel dan buah-buahan lainnya yg sedang musim saat itu. Duren misalnya. Wah mencicipi buah yg langsung dipetik dari pohonnya tuh, sebuah kenikmatan agraria banget banget. Serasa di ketinggian lah haha.

Buah kepel dibuat kombucha enak lho. Rasanya buah yg bijinya gede-gede ini, asam manis gitu deh. Berpadu dengan rasa kombucha josssss. Keisiengan jaga warung sambil nyoba2 mengolah buah lokal terus berlanjut. Panen berlimpah turah-turah mending dimanfaatkan. Jadi tambahan pendapatan petani dan menyehatkan kita semua.

Pengen punya pohon kepel yg tumbuh di halaman. Semoga selamat semuanya, tidak ada kualat atau apa. Karena memang niatnya baik, melestarikan buah lokal. Semoga juga bermanfaat untuk orang banyak baik olahan kombucha kepel atau edukasi publik tentang penghijauan kawasan hulu DAS suatu areal yg masih banyak tanaman langka di dalamnya.

Comments

Popular Posts