Ibu (istri) Bupati Sleman dan Bunga Telang Martani

Jadi utusan lomba masak utusan Kecamatan Kalasan, ketemu ngobrol poto bareng dengan ibu (istri) Bupati Sleman. Dia promosikan kelor kepada ibu-ibu pejabat dan ibu-ibu peserta lomba masak lainnya. Kelor ini bagus dan murah katanya. Senang beberapa bulan lalu, sempat ketemu di Bogem saat pameran di Desa Tamanmartani. Juga ngobrol soal kelor dan panganan lokal produksi petani. Sehat Bu!


Kali ini kami bawakan cerita dan olahan bunga telang pewarna alami makanan. Teh biru bunga telang yg saat ditetesi jeruk berubah menjadi ungu. Permainan sulap untuk keluarga. Selain khasiat bunga telang yg punya anti oksidan tinggi dan zat relaksasi vitamin otak yg terkandung di dalamnya.


Senengnya lomba begini ini. Masakan diicip-icip dan dibahas peserta lainnya, tetamu dan tentu saja dewan juri. Garnish harus bahan yg bisa dimakan, pesan seorang ibu. Bunga telang adalah salah-satu eadable flower yg lagi ngehits di Jogja. Betul itu Bu! Tagar #bungatelangdijogja dong jajajaja....


Bunga telang ditanam petani di Tulung Kalasan dan beberapa daerah lainnya sekitaran Jogja. Gampang tumbuhnya. Banyak khasiatnya. Industri makanan melirik kehadiran bunga telang sebagai pewarna alami makanan. Banyak cafe dan rumah makan mengadakan teh biru bunga telang ke dalam menunya. Sehat semua!


Ibu Bupati mencicipi jagung sukun kukus bungkus daun jagung. Ini gak pake MSG? TIDAK Bu. Bagus itu. Kami di rumah memasak tidak pakai mecin. Garam dan gula saja sudah cukup untuk perasa.










Comments

Popular Posts