Teh Biru Bunga Telang Martani (penting nyantumin hihi)

Apa khasiat bunga telang? Itu pertanyaan pertama yg keluar saat ketemu ngobrol sama orang baru. Bunga telang tuh apaan sih. Nahhh itu pertanyaan intinya. Pertanyaan APA manfaat yg didapat akan mendominasi. Pertanyaan BAGAIMANA cara mengolahnya menyusul kemudian. Mau tahu SIAPA yg menanam dan memproduksi, agak belakangan.
Bunga Telang petik dari Landhuiss Dramaga IPB (2013)

Manfaat bunga telang adalah pewarna alami makanan. Sajian makanan dan minuman berwarna biru akan menjadi cantik menarik, dan tentunya sehat. Apalagi petik sendiri di halaman, murah lah. Selain itu, ada zat berguna tubuh yg dikandung di dalam birunya bunga telang.

Telur Biru Bunga Telang di Warung KaTa Pusur (2015)


Antosianin bunga telang, artikel dikutip dari grup whattsapp
............
Karena saya sudah dibiayai oleh negara untuk sekolah, maka saya memandang wajib untuk berbagi ilmu kepada sebanyak mungkin orang. Perlahan, saya mulai. Mudah-mudahan bermanfaat.  Sila dishare jika dianggap perlu.

Fakta seputar antosianin dan bunga telang (Clitoria ternatea L.)
  1. Antosianin adalah pigmen larut air yang paling banyak terdapat di alam
  2. Antosianin dijumpai pada semua bagian tanaman : bunga, buah, daun, tangkai, batang, umbi, dan akar
  3. Hingga saat ini telah berhasil diidentifikasi lebih dari 900 jenis antosianin 
  4. Antosianin tersusun oleh sekurang-kurangnya 1 molekul antosianidin dan 1 molekul gula.
  5. Diketahui ada lebih dari 23 jenis antosianidin, tetapi 6 saja yang paling banyak dijumpai di alam.
  6. Gula yang paling banyak dijumpai pada antosianin adalah glukosa. 
  7. Antosianin berasal dari Bahasa Latin: Anthos yang berarti bunga, dan kyanos yang berarti biru. Akan tetapi, di alam antosianin justru lebih banyak dijumpai berwarna merah
  8. Selain merah dan biru, antosianin juga dapat berwarna merah muda, jingga, ungu, hijau, dan kuning.

  1. Di dalam larutan pH > 2, antosianin terdiri dari 6 spesies yang berbeda. 3 spesies tidak berwarna, 3 spesies lainnya memiliki warna masing-masing merah, ungu, dan biru. 
  2. Pada pH 1, semua antosianin berwarna merah dan sangat stabil
  3. Pada pH > 3 kebanyakan antosianin kehilangan warna dalam hitungan detik hingga jam
  4. Bunga telang (Clitoria ternatea L.) adalah salah satu sumber antosianin yang paling stabil. Pada pH > 3 warnanya dapat bertahan selama beberapa hari hingga beberapa bulan.

  1. Terdapat tak kurang dari 15 jenis antosianin pada bunga telang yang masih kuncup. Pada bunga yang sudah mekar sempurna, jenis antosianin tersebut tersisa 9 saja.
  2. Semua antosianin pada bunga telang diberi nama ternatin (diambil dari kata ‘ternatea’). Ada empat seri ternatin: seri A, B, C, dan D.
  3. Antosianin pada bunga telang yang memiliki struktur molekul paling kompleks adalah ternatin A1. Ternatin A1 juga merupakan antosianin yang paling kompleks dibandingkan semua antosianin yang telah berhasil diidentifikasi.

  1. Bunga telang adalah salah satu dari sedikit tanaman yang menghasilkan antosianin yang berwarna biru-ungu dalam kondisi asam.  Tanaman lainnya adalah Dianella Sp.
  2. Kebanyakan antosianin tak berwarna atau pucat pada pH 4. Sebaliknya, antosianin bunga telang berwarna pekat pada pH 4.
  3. Antosianin pada bunga telang dan buah Dianella Sp memiliki struktur molekul yang melipat, biasa disebut terkopigmentasi intramolekuler. 
  4. Antosianin lain yang memiliki kopigmentasi intramolekuler adalah antosianin dari kol ungu dan bunga morning glory.  Semua antosianin yang seperti ini memiliki warna yang jauh lebih stabil dibandingkan antosianin lain.
  5. Antosianin bunga telang sangat stabil di dalam refrigerator, sehingga cocok untuk sebagai pewarna produk pangan yang disimpan dalam keadaan dingin. 


Manfaat bunga telang bagi kesehatan akan disampaikan terpisah.


Ditulis:
A Muzi Marpaung



Paling mudah bunga telang diseduh air panas. Keluar deh warna birunya. Jadi lah teh biru bunga telang. Lho kok ini gambarnya merah maroon begini. Oh triknya, teh biru ditetesi perasan jeruk nipis. Air biru akan berubah jadi ungu. 

Cara penyajian dituliskan di bawah ini.




Langkah teh biru. Lengkap dari awal nyeduh sampai trik menyajikan sehingga menarik di gelas sajian. Cepet pinter kalau kita banyak berbagi.

  • Ambil sejumput bunga telang serbuk
  • Masukkan ke tempat seduhan teh yg sudah diisi air setengah gelas
  • Ambil air perasan jeruk
  • Campurkan air biru dan air jeruk
  • Oalaaaa dihasilkan segelas air jeruk ungu


Ini link video cool soal pembuatan teh biru bunga telang.
https://www.youtube.com/watch?v=_AmlBbpyMdo

Di bagian keterangan menjelaskan bagaimana kehadiran link saingannya yg dirasa tidak mendapatkan kredit padahal sudah lebih dahulu muncul. Yg menarik buat ku adalah, bunga telangnya didapat dari mana yaaaa. Andai dari petani Indonesia, top dah kita.


v





Comments

Popular Posts