Cuek dikit knapa?

Ini cerita tentang seorang kawan yg terlihat begitu alim; dilihat dari ucapannya saat mengajar ilmu sosial-komunikasi di sebuah padepokan ternama dan status-statusnya di medsos. Ilmu agamanya dalem lah. Ceritanya berguru di berbagai padepokan silat kerap terucap dari lisannya. Memang sih bukan full story, hanya penggalan fragment. Tapi cukuplah untuk memberi citra tentang siapa dirinya.

Galau banget setelah sebuah telpon masuk saat kegiatan kelas berlangsung. Pengajaran kembali normal, mengaduk-ngaduk isi kepala, melatih ketepatan berpikir. Dan dia memang ahlinya.

Di akhir kelas, sesuatu pun terjadi. Dia cerita. Ceritanya sih biasa banget. Tentang kerumitan sebuah keluarga. Tentang seorang anak manusia yg mulutnya susah dimengerti dan berbisa, menyakiti siapapun di sekitarnya.
Yg aku heran, kenapa dia terlibat ke dalam kisah sinetron seperti itu. Kok rasanya gak matching banget dengan pencitraannya selama ini. Apalagi jika disandingkan dengan kecerdasan dan penguasaan ilmunya yg memang jarang dimiliki.

Bisa cuek sdikit gak sih Sir. Hal yg begitu sih gak mutu banget untuk dilibati. Ada banyak persoalan lain yg harus prioritas diselesaikan. Kelompok kami juga terlibat dalam intrik internal seperti itu. Bedanya kami bekerja dalam sebuah organisasi yg kelembagaannya jelas. Bukan terjun bebas dalam masyarakat seperti itu. Yg gak jelas siapa dan apa goalnya.

Esok paginya dia terlihat ceria. Ya kan saya sudah cuek, katanya. Dan dia pun kembali cerdas seperti sedia kala. Kagum juga dengan kecepatannya menerima feedback.  

Beberapa hari kemudian jadi berpikir ulang. Setelah membaca postingan satu paragraf seseorang tentang robot dan ahumanis-nya manusia di masa depan. Mungkin tuh Mister memang memilih untuk minggle melebur bersama masyrakat, yg memang seperti itu karakternya. Cair dan mengalir tanpa bentuk. Mungkin organisasi yg katanya punya capaian luhung nan mulia ini, justru sedang kehilangan humanisnya, kehilanganya roh-nya, seperti yg sudah kurasakan sejak jauh beberapa tahun belakangan ini.

Comments

Popular Posts