voor allen die uitvoeren en niet terugkeerden

patung istri pelaut di Scheveningen. jalan bareng Ben White April 2009
 begini isi tulisan di bawah tuh patung dalam english: ... for all who sailed out but did not come back ... dalam bahasa Indonesianya; untuk semua yg pergi melaut dan tidak kembali... Pembuat patung adalah Gerard Bakker (http://www.mutualart.com/Artwork/Fisher-woman--Scheveningen/1CAC592F6A48C954). Diresmikan oleh Ratu Beatrix pada November 1982. Patung ini berada di pinggir pantai Strandweg, Scheveningen, Belanda.

Scheveningen adalah kota pantai. ada banyak penduduk yg menjadi nelayan. konon seorang suami bertengkar dengan istrinya dan meninggalkan rumah saat keadaan marah. dia tidak kembali. dibuatlah sebuah patung untuk mengenang seorang ibu yg terus menunggu suaminya kembali dari laut. bahkan untuk sebuah ekspresi cerita lokal, pemerintah kerajaan belanda membuatkan monumen. sehingga semua orang yg lewat bisa mengapresiasi cerita itu.

bah ada banyak cerita cem begitu di negri ini. hilang begitu saja. padahal ada banyak juga pematung yg mau berkespresi memajang hasil karyanya di satu ruang publik. daripada capek demo bbm.

Comments

Popular Posts